MEMBUAT ANIMASI PENCEGAHAN 4 TERLALU PADA DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA KABUPATEN OKU MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS 6

Penulis

  • Rara Monica Universitas Mahakarya Asia
  • Sri Tita Faulina Universitas Mahakarya Asia
  • Yunita Trimarsiah Universitas Mahakarya Asia

Kata Kunci:

Animasi, Motion Graphic, Frame by Frame, Adobe Flash CS 6

Abstrak

Membuat Animasi 2D Iklan Layanan Masyarakat Tentang Pencegahan 4 Terlalu Pada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Ogan Komering Ulu Menggunakan Adobe Flash CS 6.

       Animasi adalah suatu kegiatan menghidupkan, menggerakan benda mati dan di berikan dorongan kekuatan, semangat dan emosi untuk menjadi hidup dan bergerak. Teknik produksi animasi di komputer tidak hanya terdiri dari teknik 2 dimensi dan 3 dimensi tapi juga ada teknik motion graphic frame by frame, yaitu membuat sebuah ilusi pergerakan dari sebuah gambar/objek yang diam (still image) frame demi frame seolah-olah gambar tersebut hidup dan bergerak yang bisa dijadikan alternative pilihan dalam membuat animasi.

       Metode pembuatan film animasi motion graphic memiliki tahap yang sama seperti film animasi lain, tahapan yang perlu di lakukan adalah membuat konsep ide cerita, synopsis, storyline, skenario, storyboard, pengumpulan materi suara, pembuatan animasi, komposisi, editing, rendering.

      Telah dibuat sebuah animasi dengan judul “Membuat Animasi Pencegahan 4 Terlalu Pada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten OKU Menggunakan Adobe Flash CS 6”. Animasi ini dibuat untuk memberikan pengajaran dan pelayanan kepada masyarakat khusunya dalam kehidupan berkeluarga, Pencegahan untuk menghindari 4 terlalu agar dapat mencegah dan menyelamatkan ibu dan bayi dari dampak yang akan timbul.

 

Kata Kunci : Animasi, Motion Graphic, Frame by Frame, Adobe Flash CS 6

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-01

Cara Mengutip

Monica, R. ., Faulina , S. T. ., & Trimarsiah , Y. . (2024). MEMBUAT ANIMASI PENCEGAHAN 4 TERLALU PADA DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA KABUPATEN OKU MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS 6. JIK : Jurnal Informatika Dan Komputer , 15(1), 67-75. Diambil dari https://journal.unmaha.ac.id/index.php/jik/article/view/297

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama