Sistem Informasi Penjualan Dan Stok Barang Agen Theraskin Baturaja Menggunakan Embarcadero Xe2 Berbasis Client Server

Penulis

  • M. As'ad
  • Dodi Herryanto
  • Cahaya Kairani

Kata Kunci:

Sistem Informasi Penjualan Dan Stok Barang, Embarcadero Xe2, Client Server

Abstrak

Intisari–Toko Agen Theraskin Baturaja merupakan toko yang bergerak di bidang penyedia kosmetik dan skincare di baturaja mereka menyediakan stok barang dari PT nya langsung, PT ini yang bernama PT L’Essential. Toko Agen Theraskin Baturaja yang beralamat di Jl. Gotong Royong lr, Kelapa Sawit no.01 A, Baturaja, Sumatera Selatan. Saat ini sistem penjualan toko Agen Theraskin Baturaja masih mengunakan buku besar dalam melakukan transaksi penjualan, sedangkan untuk pendataan pembelian Toko Agen Theraskin Baturaja masih menggunakan aplikasi Microsoft Excel untuk melakukan transaksi pembelian ke pada supplier. Dalam proses pengolahan data penjualan admin masih mendata secara manual yaitu dengan mencatat ke nota penjualan kemudian nota-nota tersebut di rekap ke dalam buku penjualan barang yang dilakukan oleh bagian admin. Setiap akhir bulan admin membuat laporan pembukuan dari nota penjualan yang diserahkan kepada Pemilik Toko Agen Theraskin Baturaja. Dengan adannya sistem informasi pengolahan data penjualan dan stok barang yang dikembangkan di Toko Agen Theraskin Baturaja diharapkan dapat dilakukan lebih mudah, cepat, rapi, tepat dan efisien.

      Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam pembuatan sistem informasi ini penulis melaksanakan penelitian terlebih dahulu dengan menggunakan metode observasi, interview dan kepustakaan.

      Dari penelitian yang dilakukan, dihasilkan sebuah sistem informasi yang dapat digunakan untuk mempermudah proses pengolahan data Penjualan Dan Stok Barang. System ini dirancang menggunakan Embarcadero Xe2 Berbasis Client Server.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-31

Cara Mengutip

As’ad, M., Herryanto, D., & Kairani, C. (2021). Sistem Informasi Penjualan Dan Stok Barang Agen Theraskin Baturaja Menggunakan Embarcadero Xe2 Berbasis Client Server . JIK : Jurnal Informatika Dan Komputer , 12(2), 112-121. Diambil dari https://journal.unmaha.ac.id/index.php/jik/article/view/79