Rancang Bangun Penjadwalan Penyiraman Otomatis Pada Tanaman Rumahan dengan Sitem Vertikultur Berbasis Arduino

Penulis

  • Defi Pujianto amik akmi

Abstrak

Penyiraman tanaman pada sektor pertanian pada sistem pertanian vertikultur masih dilakukan secara manual menggunakan ember atau aliran air menggunakan mesin. Proses pemyiraman tersebut membutuhkan waktu, tenaga dan rutinitas  dalam penyiraman tanaman rumahan dengan sistem vertikultur. Penyiraman dengan takaran yang tidak sesuai dan waktu yang kurang tepat mengakibatkan pertumbuhan tanaman dengan sistem vertikultur tidak tumbuh secara optimal. Penyebab takaran dan waktu penyiraman tanaman sistem veltikultur yang tidak susuai dikarenakan keterbatasan sifat manusia lupa, malas dan kesibukan aktifitas manusia.

Diperlukan sebuah alat yang dapat menyiram tanaman secara otomatis dan terjadwal sehingga dapat menyiram tanaman dengan waktu penyiraman yang sudah terjadwal dan volume penyiraman sudah ditentukan. Sistem penyiraman tanaman rumahan dengan sistem veltikultur secara terjadwal dan otomatis ini menggunakan hardware berupa Mikrokontroler Arduino Uno R3 yang merupakan pengontrol utama, Lcd berfungsi sebagai antarmuka pengguna dan hardware , Keypad berfungsi mengatur pilihan jadwal, Pompa Air untuk mengalirkan air, RTC DS3231 sebagai pewaktu yang memberikan waktu real, dan catu daya sebagai sumber tegangan. Dari komponen alat di atas serta software Arduino Uno yang dapat mendukung berjalannya alat, maka  penyiraman tanaman rumahan dengan sistem veltikultur secara otomatis dapat berkerja sesuai dengan jadwal yang telah diatur sebelumnya.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-01-22

Cara Mengutip

Pujianto, D. (2022). Rancang Bangun Penjadwalan Penyiraman Otomatis Pada Tanaman Rumahan dengan Sitem Vertikultur Berbasis Arduino. JIK : Jurnal Informatika Dan Komputer , 12(2), 30-35. Diambil dari https://journal.unmaha.ac.id/index.php/jik/article/view/61