PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI KETENAGAKERJAAN PADA BPBD OKU MENGGUNAKAN EMBARCADERO XE2

Penulis

  • Dwi Santoso Universitas Mahakarya Asia
  • Wisnumurti Wisnumurti Universitas Mahakarya Asia
  • Kadarsih Kadarsih Universitas Mahakarya Asia

Kata Kunci:

Sistem Informasi, Pendataan Penduduk, Embarcadero XE2

Abstrak

Kependudukan merupakan ilmu yang berhubungan dengan teknik pengumpulan, menyelidiki, mencatat dan mengolah data penduduk yang terdiri dari pengolahan data kelahiran, pengolahan data kematian, pengolahan data perpindahan dan kedatangan penduduk. Pengolahan data penduduk merupakan suatu kegiatan utama yang dilakukan oleh Desa, dimana dalam melalakukan pengolahan data kependudukan harus dilakukan secara cepat, tepat, dan akurat. Tetapi pada kenyataan saai ini masih banyak lembaga pemerintahan yang masih melakukan pengolahan data kependudukan secara manual oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem informasi pengolahan data penduduk yang dapat membantu dalam pengolahan data kependudukan, dan mampu menjembatani proses pelaporan data kependudukan dari desa ke kecamatan sehingga mempercepat proses pelayanan terhadap masyarakat dan mempengaruhi optimalisasi proses kerja pegawai di kantor desa dan kecamatan.

     Sistem informasi ini di bangun dengan menggunakan metode wawancara,Observasi dan Refrensi yang terdiri dari tahapan analisis, desain dengan menggunakan Data Flow Diagram untuk perancangan model fungsional dan Entity Relationship Diagram untuk menggambarkan model data, coding dengan menggunakan menggunakan bahasa pemograman Embarcadero, merupakan tahap akhir dari metodologi yang digunakan.

Hasil dari Penelitian ini adalah sistem informasi Kependudukan berbasis detskop menggunakan Embarcadero Xe2.

 

Kata Kunci: Sistem Informasi, Pendataan Penduduk, Embarcadero XE2

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-01

Cara Mengutip

Santoso, D. ., Wisnumurti, W., & Kadarsih, K. (2024). PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI KETENAGAKERJAAN PADA BPBD OKU MENGGUNAKAN EMBARCADERO XE2. JIK : Jurnal Informatika Dan Komputer , 15(1), 57-66. Diambil dari https://journal.unmaha.ac.id/index.php/jik/article/view/296

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama