SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN PELANGGAN TERBAIK PADA DONAMICI WEDDING SHOES DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) BERBASIS WEB

Penulis

  • Abdurrahman Hidayah Universitas Mahakarya Asia
  • Amailia Rosyidah Universitas Mahakarya Asia
  • Nanik Triana Universitas Mahakarya Asia

Abstrak

Persaingan merupakan hal yang biasa terjadi terutama dalam dunia usaha, tidak terkecuali yang telah dialami oleh CV.
Donamici Wedding Shoes. CV. Donamici Wedding Shoes bukanlah satu-satunya toko yang menjual sepatu wedding
di Jakarta, sehingga CV. Donamici Wedding Shoes harus bersaing dengan toko sepatu wedding lainnya agar CV.
Donamici Wedding Shoes bisa bersaing dan tetap produktif. Pelanggan merupakan bagian terpenting dalam
memajukan suatu usaha dalam bidang jasa maupun barang, oleh karena itu perlu perhatian khusus dalam menganalisis
pelanggan. Penelitian ini dilakukan untuk membuat Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Pelanggan
Terbaik Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Berbasis WEB. Dalam pengembangan
sistem aplikasi yaitu SDLC (System Development Life Cycle) dengan proses waterfall. Dari sistem ini terdapat menu
utama yang terdiri dari data nilai, data kriteria, data pelanggan, data bobot nilai, data bobot normalisasi, data nilai
akhir dan laporan. Hasil dari penelitian ini adalah memunculkan alternatif solusi pelanggan terbaik dengan
memasukkan beberapa alternatif pelanggan dan penilaian-penilaian dari beberapa kriteria yang sudah ditentukan oleh
CV. Donamici Wedding Shoes.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-20