https://journal.unmaha.ac.id/index.php/jtim/issue/feed JTIM: Jurnal Teknik Informatika Mahakarya 2024-08-28T02:10:31+00:00 Budi Kurniawan [email protected] Open Journal Systems <p>Jurnal Teknik Informatika Mahakarya (JTIM) merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Mahakarya Asia. JTIM memuat naskah hasil-hasil penelitian di bidang Rekayasa Sistem, Sistem pakar, Sistem Pendukung Keputusan, Penambangan Data, Sistem Kecerdasan Buatan, Jaringan komputer, Teknik Komputer, Pengolahan citra, Algoritma Genetika, Merancang Sistem Informasi, Intelijen Bisnis dan Manajemen Pengetahuan, Sistem Basis Data, Data besar, Manajemen energi, Komputasi Perusahaan, Manajemen Teknologi. Pemprosesan tinjauan menggunakan sistem yang disediakan oleh OJS. Penerbitan dilakukan dua kali setahun yaitu bulan Juni dan Desember. Penyunting menerima kontribusi tulisan dalam bahasa Indonesia yang mengandung 2000-5000 kata dan belum pernah diterbitkan oleh media lain. Kutipan menggunakan gaya APA style</p> https://journal.unmaha.ac.id/index.php/jtim/article/view/309 MEMBUAT ANIMASI IKLAN LAYANAN MASYARAKAT OPERASIONAL PEMADAMAN KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN PADA DINAS PEMADAM KEBAKARAN OKU 2024-08-05T05:34:03+00:00 Yohana Dessy Fransisca Kristianti [email protected] Kadarsih Kadarsih [email protected] Suryanto Suryanto [email protected] <p>Secara umum, animasi merupakan salah satu kegiatan menjalankan atau menggerakkan benda mati, dengan <br>memberikan dorongan, kekuatan, gambaran, semnagat, agar seakan-akan hidup. Pembuatan iklan layanan <br>masyarakat pada dinas pemadam kebakaran ini menjadi salah satu inovasi baru yang akan memudahkan masyarakat <br>dalam mendapatkan informasi tentang jasa layanan pemadam kebakaran. <br>Pembuatan animasi iklan layanan masyarakat ini menggunakan adobeflash CS6 dan wondershare filmora <br>2009.Animasi ini memuat prosedur jasa layanan pemadam kebakaran dan penyelamatan apabila terjadi kebakaran. <br>Penelitian ini mnghasilkan animasi berbasis 2D yang berisikan iklan layanan masyarakat operasional pemadaman <br>kebakaran dan penyelamatan pada dinas pemadam kebakaran.</p> 2024-06-23T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 JTIM: Jurnal Teknik Informatika Mahakarya https://journal.unmaha.ac.id/index.php/jtim/article/view/318 ANIMASI PENGOLAHAN HASIL PERIKANAN PADA DINAS PERIKANAN KABUPATEN OKU 2024-08-12T07:59:05+00:00 Widia Astuti [email protected] Nia Andriani [email protected] Rusidi Rusidi [email protected] <p>Masih banyak masyarakat yang belum memahami tentang pengolahan hasil perikanan <br>yang ada pada wilayah Ogan Komering Ulu. Mengembangkan pengolahan ikan dapat membantu <br>melestarikan resep dan metode memasak tradisional.<br>Mengkonsumsi ikan dapat meningkatkan kesadaran tentang manfaat gizi ikan dikalangan <br>masyarakat, terutama anak-anak dan remaja dapat membantu membentuk makan sehat sejak dini.<br>Harapannya dengan adanya animasi tersebut dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat <br>dalam memahami tentang pengolahan hasil perikanan.<br>Pembuatan animasi pengolahan hasil perikanan ini menggunakan adobe Animate. Penelitian <br>ini menghasilkan animasi berbasis 2D yang berisikan pengolahan hasil perikanan pada dinas <br>perikanan kabupaten OKU</p> 2024-06-20T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 JTIM: Jurnal Teknik Informatika Mahakarya https://journal.unmaha.ac.id/index.php/jtim/article/view/319 SISTEM INFORMASI DANA SEDEKAH DIKOMUNITAS BATURAJA BERSEDEKAH BERBASIS WEBSITE 2024-08-15T01:52:59+00:00 Nopran Saputra [email protected] M. As’ad [email protected] Muhajir Arafat [email protected] <p>Dari pengamatan dan informasi yang di dapat kan pada Komunitas Baturaja Bersedekah belum mengguakan system<br>pengelolaan informasi berbasis website karena hanya menggunakan pengelolaan secara manual dalam pengimputan<br>dana sedekah yang masuk. Maka dib uatsuatu Perancangan Sistem informasi dana Sedekah di Komunitas Baturaja<br>Bersedekah Berbasis website untuk mempermudah pengelolaan dana masuk dan keluar.<br>Pada penelitian ini penelitian menggunakan metode pengumpulan data yaitu metode Observsi, metode interview dan<br>metode Referensi. Dalam pembuatan system ini digunakan juga alat bantu pengembangan system yaitu<br>Localhost/Phpmyadmin,, Sublime text, Dan Xampp.<br>Dari penelitian ini dihasilkan sebuah system informasi dirancang untuk mempermudah pengelolaan dana masuk dan<br>keluar. Sistem informasi ini terdiri dari beberapa menu, yaitu : home, statistik, penyaluran donasi dan laporan.</p> 2024-06-20T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 JTIM: Jurnal Teknik Informatika Mahakarya https://journal.unmaha.ac.id/index.php/jtim/article/view/320 APLIKASI LAPORAN KASUS SISWA MENGGUNAKAN ANDROID STUDIO PADA SMP N 07 OKU 2024-08-19T03:49:54+00:00 Yessi Ananda [email protected] P. Sulistyo A.S [email protected] Dodi Herryanto [email protected] <p>...Laporan kasus adalah suatu bentuk komunikasi untuk menyampaikan berita atau keterangan dari suatu<br>peristiwa yang terjadi dari pihak satu ke pihak lainnya. Agar berita tersebut dapat ditangani oleh pihak yang<br>bersangkutan. Dari hasil analisa yang di lakukan penulis terhadap SMP N 07 OKU terdapat permasalahan yaitu<br>proses melaporkan kasus yang terjadi masih kurang efektif dan efisien dikarnakan masih menggunakan lisan,<br>disampaikan dengan mendatangi pihak yang bersangkutan.<br>Dalam pembuatan aplikasi Laporan Kasus ini menggunakan software Android Studio. Database yang<br>digunakan dalam perancangan adalah Firebase. Pengumpulan data yang digunakan adalah metode interview, metode<br>referensi, metode observasi. Komputer yang digunakan dalam penelitian ini adalah laptop Acer RAM 4GB.<br>Penelitian ini menghasilkan aplikasi Laporan Kasus Siswa pada SMP N 07 OKU yang mempunyai dua aplikasi,<br>yaitu aplikasi untuk admin yang berisi halaman login, menu utama, setting admin, data pengaduan kasus. Serta,<br>aplikasi untuk user yang berisi panduan menggunakan aplikasi dan form untuk mengirimkan laporan kasus.</p> 2024-06-20T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 JTIM: Jurnal Teknik Informatika Mahakarya https://journal.unmaha.ac.id/index.php/jtim/article/view/321 SISTEM PEMBAYARAN SPP PADA SMA IP YAKIN BERBASIS WEB 2024-08-28T02:02:11+00:00 Erlita Sulistiati [email protected] Dahlia Sadelih [email protected] Tuti Susilawati [email protected] <p>Pembayaran administrasi SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan) yang efisien, cepat, akurat dan aman<br>sangat dibutuhkan untuk suatu instansi. Sistem Informasi Pembayaran SPP ini menunjang kerja para pegawai<br>keuangan untuk melakukan pendataan pembayaran secara efisien dan cepat, serta tidak memerlukan pekerjaan yang<br>berlipat ganda untuk mengolahnya. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sistem informasi pembayaran SPP<br>berbasis web. Aplikasi Sistem Informasi Pembayaran SPP di SMA IP YAKIN ini dirancang dengan beberapa tahapan<br>yaitu pengumpulan data dan informasi, analisis kebutuhan dan perancangan sistem, pembangunan sistem dan<br>pengujian sistem. Aplikasi ini dirancang menggunakan visualisasi model UML (Unified Modelling Language) dan<br>dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySql sebagai database dengan tools Microsoft Adobe<br>Dreamweaver dan Xampp. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peneliti ingin membuat suatu sistem pembayaran<br>SPP yang dapat membantu kegiatan pembayaran di SMA IP YAKIN, sehingga siswa-siswi dapat melakukan<br>pembayaran dengan mudah, cepat, dan tepat waktu, yang akan dapat memperlancar proses pembayaran iuran bulanan,<br>serta nantinya diharapkan dapat membantu petugas atau tata usaha sekolah melakukan transaksi pembayaran dengan<br>baik dan benar dan dalam pengolahan datanya lebih akurat dan valid.</p> 2024-06-20T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 JTIM: Jurnal Teknik Informatika Mahakarya https://journal.unmaha.ac.id/index.php/jtim/article/view/322 SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN KENAIKAN JABATAN DENGAN MENGGUNAKAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) PADA PT. WAKTU CIPTA DIMENSI BERBASIS WEB 2024-08-28T01:49:53+00:00 Dian Afriady [email protected] Muhamad Tedy Saputra [email protected] Nur Amalia [email protected] <p>Persaingan merupakan hal yang biasa terjadi terutama dalam dunia usaha, tidak terkecuali yang telah dialami oleh PT.<br>Waktu Cipta Dimensi. Waktu Cipta Dimensi bukanlah satu-satunya Perusahaan yang mendistribusikan jam tangan di<br>Jakarta, sehingga Waktu Cipta Dimensi harus bersaing dengan perusahaan jam tangan lainnya agar tetap bisa bersaing<br>dan produktif. Pelanggan merupakan bagian terpenting dalam memajukan suatu usaha dalam bidang jasa maupun<br>barang, oleh karena itu perlu perhatian khusus pada manajemen sumber daya manusia dalam hal ini karyawan.<br>Penelitian ini bertujuan untuk membantu mempermudah proses untuk menentukan kenaikan jabatan. Oleh karena itu<br>perlu dibuatlah sebuah perancangan sistem pendukung keputusan untuk menentukan kenaikan jabatan pada Waktu<br>Cipta Dimensi. Dalam perancangan sistem yang dibuat nantinya berbasis web dengan metode SAW (Simple Additive<br>Weighting)</p> 2024-06-20T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 JTIM: Jurnal Teknik Informatika Mahakarya https://journal.unmaha.ac.id/index.php/jtim/article/view/323 SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN PELANGGAN TERBAIK PADA DONAMICI WEDDING SHOES DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) BERBASIS WEB 2024-08-28T02:10:31+00:00 Abdurrahman Hidayah [email protected] Amailia Rosyidah [email protected] Nanik Triana [email protected] <p>Persaingan merupakan hal yang biasa terjadi terutama dalam dunia usaha, tidak terkecuali yang telah dialami oleh CV.<br>Donamici Wedding Shoes. CV. Donamici Wedding Shoes bukanlah satu-satunya toko yang menjual sepatu wedding<br>di Jakarta, sehingga CV. Donamici Wedding Shoes harus bersaing dengan toko sepatu wedding lainnya agar CV.<br>Donamici Wedding Shoes bisa bersaing dan tetap produktif. Pelanggan merupakan bagian terpenting dalam<br>memajukan suatu usaha dalam bidang jasa maupun barang, oleh karena itu perlu perhatian khusus dalam menganalisis<br>pelanggan. Penelitian ini dilakukan untuk membuat Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Pelanggan<br>Terbaik Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Berbasis WEB. Dalam pengembangan<br>sistem aplikasi yaitu SDLC (System Development Life Cycle) dengan proses waterfall. Dari sistem ini terdapat menu<br>utama yang terdiri dari data nilai, data kriteria, data pelanggan, data bobot nilai, data bobot normalisasi, data nilai<br>akhir dan laporan. Hasil dari penelitian ini adalah memunculkan alternatif solusi pelanggan terbaik dengan<br>memasukkan beberapa alternatif pelanggan dan penilaian-penilaian dari beberapa kriteria yang sudah ditentukan oleh<br>CV. Donamici Wedding Shoes.</p> 2024-06-20T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 JTIM: Jurnal Teknik Informatika Mahakarya