MEMBUAT FILM ANIMASI EDUKASI MENCINTAI MAHLUK HIDUP

Penulis

  • Amanda Rahayu Astuti Universitas Mahakarya Asia
  • Suryanto Suryanto Universitas Mahakarya Asia
  • Kadarsih Kadarsih Universitas Mahakarya Asia

Kata Kunci:

Film, Animasi, Mahluk Hidup, Frame by Frame, Adobe Flash CS6

Abstrak

Film animasi dapat menjadi sarana pembelajaran dan sarana hiburan yang baik untuk mambantu pertumbuhan kreativitas anak. Kegiatan belajar mengajar di SD Negeri 10 Lubai Ulu menggunakan kurikulum 2013. Tetapi, dalam penyampaian Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pada mata pelajaram Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas III tentang ciri-ciri mahluk hidup. guru menjelaskan materi hanya menggunakan buku dan penyampaian materi yang monoton. Sehingga siswa kurang memahami materi yang disampaikan dan proses belajar mengajar kurang menyenangkan. Dengan adanya tambahan alat belajar berupa film animasi, siswa dapat lebih antusias dalam belajar dan penyampaian materi lebih mudah diingat.

Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakanmetode interview yaitu tanya jawab secara langsung dengan kepala sekolah SDNegeri 10 Lubai Ulu dan Guru Kelas III. Teknik observasi, peneliti melakukanpengamatan secara langsung tentang bagaimana proses belajar mengajar antarasiswadanguru, serta menguunakan metode referensi.

Penelitian ini menghasilkan Film Animasi Edukasi Mencintai Mahluk Hidup Menggunakan Adobe Flash CS6. Teknik yang digunakan yaitu teknik frame by frame. Film animasi ini berisi sikap saling tolong menolong dan mencintai sesama mahluk hidup di lingkungan sekitar, serta terdapat penjelasan mengenai  pelajaran IPA tentang ciri-ciri mahluk hidup. Dengan durasi video selama 9 menit 35 detik dan video berbentuk MP4

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-20