PENGGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN KARYAWAN PADA SMP PGRI 3 BATURAJA BERBASIS WEB

Penulis

  • Dini Triananda Universitas Mahakarya Asia
  • Muhajir Arafat Universitas Mahakarya Asia
  • Defi Pujianto Universitas Mahakarya Asia

Kata Kunci:

Sistem Informasi Gaji Karyawan Berbasis Web,

Abstrak

Sistem informasi web saat ini sangat dibutuhkan dalam segala sektor pekerjaan dikarnakan sistem informasi berbasis web membuat pekerjaan yang awalannya dilakukan berbasis komputerrisasi menjadi digital dan mudah diakses kapanpun dan dimanpun. Instansi pendidikanpun tidak luput dari perkembangan teknologi, dalam proses atdministrasi dan keuangan sekolah harus dikelola dengan baik.

SMP PGRI 3 Baturaja merupakan salah satu instansi pendidikan formal yang sistem administrasi penggajiannya berbasis Komputer. Oleh karena itu penulis mengembangkan sistem ini dengan berbasis Website. untuk lebih memudahkan dalam pengaksesan tanpa harus mengunakan komputer dan bisa diakses kapanpun dan dimanapun.

Pada penelitian ini penulis mengunakan metode pengumpulan data yaitu metode Referensi, Observasi, dan Metode Interview. Dalam pembuatan  sistem ini digunakan juga alat bantu penggembangan yaitu Data Flow Diagram (DFD), Diagram Konteks, Entity Relationship Diagram (ERD), serta Sublam text sebagai pembuatan desain  Database nya mengunakan HeidiSQL. Dari penelitian ini dihasilkan sebuah sistem informasi yang dirancang untuk mempermudah mengelolah  Sistem gaji. Website ini terdiri dari beberapa inputan, yaitu input data golongan, jabatan, karyawan, kehadiran, dan gaji. Serta laporan dan slip gaji karyawan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-20