MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BELAJAR MEMBACA KELAS 1 PADA SD N 107 OKU BERBASIS ANDROID

Penulis

  • Deki Wijaya Universitas Mahakarya Asia
  • Suryanto Suryanto Universitas Mahakarya Asia
  • Faik Rahimi Universitas Mahakarya Asia

Abstrak

Media pembelajaran interaktif merupakan media yang digunakan sebagai alternatif sistem pembelajaran. Media interaktif berupa aplikasi yang bisa di akses di smartphone merupakan solusi terbaik dalam hal membantu anak-anak pada SD N 107 OKU dalam hal belajar membaca alfabet, karena anak-anak yang tidak menempuh pendidikan usia dini membuat mereka sama sekali belum bisa membaca. Dengan adanya media pembelajaran interaktif ini dapat menciptakan pola pembelajaran yang mudah di pahami sehingga dapat meningkatkan proses kegiatan belajar mengajar dan menjadikan smartphone sebagai media pembelajaran intertif  yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan anak-anak.

      Subjek dalam penelitian ini adalah Media Pembelajaran interaktif Belajar Membaca menggunakan Adobe Flash CS6. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi metode observasi, metode referensi, dan metode wawancara. Alat penelitian dalam penelitian ini yaitu satu unit laptop Acer Aspire A314-32, dengan beberapa menu yang dibuat yaitu tampilan menu intro, tampilan menu utama, tampilan menu materi belajar, latihan, pengembang dan petunjuk penggunaan aplikasi.

      Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi media pembelajaran interaktif belajar membaca yang bisa di akses di smartphone, serta terdapat berberapa pembahasan tentang pembuatan aplikasi diantaranya membuat document baru, memasukan gambar, memasukan suara dan mengubah media pembelajaran menjadi aplikasi.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-20