MEMBANGUN WEBSITE TOKO ONLINE CHANTIK COSMETIC MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL

Penulis

  • Ayu Tiara Amanda Universitas Mahakarya Asia
  • Haris Saputro Universitas Mahakarya Asia
  • Dodi Herryanto

Abstrak

Website merupakan salah satu sarana informasi, promosi dan juga dapat digunakan untuk memasarkan suatu produk yang dapat dilihat oleh setiap orang didunia. Banyak sekali toko-toko dan perusahaan yang menggunakan website toko online untuk memperluas pemasaran dan meningkatkan omset mereka. Toko Chantik Cosmetic merupakan salah satu usaha pada bidang penjualan kosmetik, pada saat ini masih melakukan penjualan produk secara konvensional, dimana pembeli harus datang ke toko dan melakukan transaksi di tempat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka akan dirancang sebuah website toko online yang diharapkan dapat mempermudah mempromosikan dan memperjual belikan produk di toko Chantik Cosmetic.

Subjek dalam penelitian ini adalah pemilik dan para konsumen Toko Chantik Cosmetic, dengan teknik pengumpulan data: interview, referensi, dan observasi. Adapun alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah satu unit laptop ASUS, softwere yang digunakan Xampp, bahasa pemrograman menggunakan PHP, perancangan database menggunakan MySQL, kerangka kerja menggunakan Codeigniter dan aplikasi text editor menggunakan Sublime Text 3, dengan beberapa menu yang dibuat yaitu Dashboard, Skincare, Bodycare, Haircare, Kosmetik, Multivitamin, dan Tentang Kami.

Penelitian ini menghasilkan sebuah Website Toko Online Chantik Cosmetic yang berisi data barang, data invoice, dan data pemesanan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-20