MEMBANGUN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X DI SMK TERPADU TAKWA BELITANG MENGGUNAKAN ANDROID STUDIO

Penulis

  • Bagas Trio Saputra Universitas Mahakarya Asia
  • Wisnu Murti Universitas Mahakarya Asia
  • Dian Sri Agustina Universitas Mahakarya Asia

Abstrak

Aplikasi Pembelajaran Bahasa Indonesia adalah suatu buku media pembelajaran digital atau elektronik yang memudahkan siswa saat belajarĀ  dirumah ataupun disekolah.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) memudahkan siswa saat belajar (2) untuk merancang dan membuat aplikasi pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMK Terpadu Takwa Belitang yang dapat memudahkan dalam proses belajar. Subjek penelitian ini adalah membangun aplikasi pembelajaran Bahasa Indonesia, dalam teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu : interview, observasi, kepustakaan. Adapun alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah satu unit laptop Acer dan satu unit handphone oppo a9 2020, software yang digunakan adalah Android Studio 4.1.1 dan Corel Draw 12 dengan perancangan yang dibuat yaitu Profil Guru, Program Semester, Silabus, Program Tahunan, Mulai pelajaran Kelas X, dan Evaluasi Kelas X.

Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi Pembelajaran Bahasa Indonesian Kelas X SMK Terpadu Takwa Belitang menggunakan Android Studio 4.1.1.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-20