ALAT PENDEKTEKSI KEBOCORAN GAS MENGGUNAKAN NODEMCU ESP8266

Penulis

  • Bimasakti Abdul Hadi
  • Rusidi Universitas Mahakarya Asia
  • Dian Sri Agustina Universitas Mahakarya Asia

Kata Kunci:

NodeMCU ESP8266, Sensor MQ-2, Pendekteksi gas

Abstrak

Liquefied petroleum gas (LPG) sudah menjadi bahan pokok untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan tempat usaha pangan, sering terjadinya kebakaran yang disebabkan oleh kebocoran gas LPG yang tidak diketahui. Untuk mengetahui gas LPG tersebut mengalami kebocoran menggunakan indra penciuman, cara tersebut masih memiliki kekurangan kadang kala indra penciuman manusia yang terganggu sehingga tidak menyadari kebocoran gas LPG dan mengakibatkan kebakaran atau ledakan.
Metode penelitian yang digunakan metode observasi yaitu merupakan metode pengamatan terhadap alat yang dibuat sebagai acuan pengambilan Informasi. 
Penelitian ini memberikan solusi atas permasalahan tersebut dengan membuat alat pendekteksi kebocoran gas menggunakan NodeMCU ESP8266 berbasis IoT, apabila tidak ada orang di rumah tetap akan mendapatkan informasi notifikasi ke android/ios, menggunakan lcd, led dan buzzer untuk sebagai peringatan dini, dengan adanya alat ini diharapkan kemungkinan besar musibah kebakaran dapat dihindari.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-19