SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN PADA SMP NEGERI 1 WAY TUBA MENGGUNAKAN EMBARCADERO BERBASIS DESKTOP

Penulis

  • Iftia Arianti Universitas Mahakarya Asia
  • Nia Andriani Universitas Mahakarya Asia
  • Sri Hartati Universitas Mahakarya Asia

Kata Kunci:

Sistem Informasi, SMP Negeri 1 Way Tuba

Abstrak

SMP Negeri 1 WAY TUBA adalah salah satu satuan pendidikan dengan jenjang SMP di Bandar Sari, Kec. Way Tuba, Kab. Way Kanan, Lampung. Dalam menjalankan kegiatannya, SMP Negeri 1 WAY TUBA berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan..Dengan adanya sistem informasi perpustakaan tersebut diharapkan dapat mempermudah dalam melakukan pendataan dan menerima laporan data sehingga dapat meminimalisi terjadinya kesalahan dalam memasukan data dengan cara proses komputerisasi.     

Metodologi Penelitian pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan studi pustaka. Tahap-tahap yang dilakukan dalam penelitian adalah membuat rancangan database, halaman user dan halaman tampilan isi data. Database dibuat menggunakan Microsoft Acces, kerangka kerja menggunakan Embarcadero xe2

 

Hasil dari penelitian adalah sebuah sistem infomasi perpustakaan yang beralamat di SMP Negeri 1 Way Tuba.Adapun isi dari aplikasi tersebut berisi tentang input data dan hasil data berserta laporan data yang ada pada sistem informasi tersebut diantaranya, data Anggota, data Buku, data Buku masuk, data peminjaman, data pengembalian, dan data buku keluar, Pada SMP Negeri 1 Way Tuba.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-20