SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN PADA SMA NEGERI 09 OKU MENGGUNAKAN EMBARCADERO XE2 DAN MYSQL BERBASIS DESKTOP

Penulis

  • Lasmi Astika
  • Fatimah Kesuma S
  • Yunita Trimarsiah

Kata Kunci:

Information system, Embarcadero, Mysql

Abstrak

Pengetahuan tidak hanya diperoleh dengan pengalaman secara nyata namun juga didapar dari informasi yang diterima. Informasi dapat dilakukan dengan berbagai media, salah satunya dengan membaca buku yang disediakan di perpustakaan. Perpustakaan merupakan bagian dari sumber belajar yang harus dimiliki oleh setiap sekolah atau perguruan tinggi, karena peserta didik dengan mudah mencari informasi atau ilmu pengetahuan melalui perpustakaan. Perpustakaan pada SMA Negeri 9 OKU dalam proses pengolahan data perpustakaan masih dilakukan dengan pencatatan secara manual kedalam buku, yaitu seperti buku pengunjung perpustakaan, buku data anggota, buku peminjaman dan pengembalian buku.

Pada perancangan sistem infomasi menggunakan bahasa pemrograman Embarcadero Xe 2 dan  database MySQL. Sistem operasi yang digunakan adalah Sistem Operasi Windows 10. Pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan metode observasi, metode interview, dan metode kepustakaan. komputer yang digunakan dalam penelitian ini adalah laptop ASUS X441UAR Ram 4 GB dari penelitian yang telah dilakukan oleh penulis, maka dihasilkan  sebuah sistem informasi perpustakaan pada SMA Negeri 09 OKU menggunakan Embarcadero dan database Mysql berbasis Desktop.

Dari hasil penelitian ini bahwa sistem informasi perpustakaan yang dibuat dapat membatu pegawai perpustakaan dalam melakukan pengolahan data yang lebih efisien dan efektif sehingga dapat mempermudah  proses pengolahan data pada SMA Negeri 09 OKU

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-20