MEMBANGUN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA KEPENDUDUKAN PADA KELURAHAN BATURAJA PERMAI KECAMATAN BATURAJA TIMUR KABUPATEN OKU MENGGUNAKAN EMBARCADERO XE 2 BERBASIS CLIENT SERVER

Penulis

  • Riris Novrianti
  • Wisnumurti Universitas Mahakarya Asia
  • Muhammad Romzi Universitas Mahakarya Asia

Kata Kunci:

sistem informasi, pendataan penduduk, embarcadero delphie

Abstrak

Teknologi informasi saat ini memang mempunyai peranan penting dalam membantu penyelesaian pekerjaan manusia dalam berbagai hal. Kelurahan Baturaja Permai. Sistem pendataan penduduk dilakukan dengan rekap jumlah, baik penduduk aktif, kelahiran, kematian, datang dan pindah bukan mengelola data yang detail berdasarkan kartu keluarga. Dari sistem yang hanya merekap jumlah tersebut maka sering terjadinya data hilang maupun ganda apalagi pendataan data-data tersebut dilakukan belum secara terkomputerisasi, dengan demikian penulis melakukan penelitian untuk membangun suatu sistem informasi pendataan penduduk. Penelitian dilakukan dengan cara mendatangi langsung kantor Kelurahan Baturaja Permai. Dengan menggunakan metode pengumpulan data seperti observasi, interview, dan buku serta jurnal. Dari semua data tersebut dibuat rancangan diagram kontek, DFD, dan ERD sebagai langkah awal dalam pembuatan sistem informasi pendataan penduduk di Kelurahan Baturaja Permai. Untuk langkah selanjutnya sistem dibangun menggunakan Embarcadero Delphi XE2 dengan database. MySQL dan PHP MyAdmin, penelitian membatasi ruang lingkup sistem informasi Pendataan yang akan dihasilkan, meliputi data penduduk aktif, kelahiran, kematian, pendatang dan pindah.
Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem informasi pendataan penduduk di Kelurahan Baturaja Permai menggunakan Embarcadero Delphi XE2 yang dirancang untuk dapat membantu pihak Desa dalam melakukan proses merekap data dan mempermudah dalam pencarian data, serta menghasilkan laporan yang cepat dan akurat. 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-20