SISTEM INFORMASI STOK BARANG DAN KASIR PADA PERUSAHAAN GENTENG KERAMIK PUTRA FAJAR MENGGUNAKANEMBARCADERO XE2 BERBASIS DESKTOP

Penulis

  • Marvin Fajrin
  • Yunita Trimarsiah
  • Abdulloh Fakih

Kata Kunci:

sistem infromasi, Genteng Keramik, Putra Fajar

Abstrak

Berdasarkan Informasi dan pengamatan yang didapatkan dari perusahaan Genteng Keramik Putra Fajar belum menggunakan sistem informasi kasir dan stok barang dalam melakukan transaksi penjualan maupun dalam mengelola stok barang dan masih menggunakan transaksi dan pendataan stok barang secara manual. Maka dibuatlah suatu Sistem Informasi Stok barang dan Kasir menggunakan software pendukung Embarcadero XE2 berbasis dekstop untuk mempermudah pengelolahan data.

       Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode pengumpulan data yaitu metode Observasi, metode Interview dan metode Kepustakaan. Dalam pembuatan sistem ini digunakan juga alat bantu pengembangan sistem yaitu Data Flow Diagram (DFD), Diagram Konteks, Entity Relationship Diagram (ERD), serta Embarcadero XE2 dan Microsoft Acces sebagai database nya.

     Dari penelitian ini dihasilkan sebuah sistem informasi yang dirancang untuk mempermudah dalam melakukan transaksi dan mengontrol stok barang. Aplikasi ini terdiri dari beberapa menu, yaitu : input data, proses dan pencarian dan laporan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-20