SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN PADA PTPN VII (PERSERO) MENGGUNAKAN EMBARCADERO XE2 BERBASIS DESKTOP

Penulis

  • Santi Janike Dabuke
  • Satria Novari
  • Doddy Herryanto

Abstrak

PT Perkebunan Nusantara VII Persero Unit Baturaja yang beralamat di Batumarta III , Lekis Rejo, Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatra Selatan, merupakan Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang perkebunan karet. Pada PT Perkebunan Nusantara VII, saat ini kepegawaian dalam pengolahan data masih kurang maksimal disebakan minimnya sistem informasi sehingga kepegawaian kesulitan dalam merekap data. Selama ini sistem yang digunakan adalah Microsoft office excel . Microsoft Office Excel tersebut digunakan untuk mengelolah data pengajian dan data pegawai. Sedangkan data absen pun masih manual tulis tangan. Sehingga membutuhkan waktu yang lama dan sering terjadi tidak akurat laporan data.

Dalam menyusun penelitian penulis membutuhkan data untuk memperoleh data -data , penelitian dilakukan dengan beberapa metode yaitu, metode interview, metode observasi, dan metode refensi. Tahapan yang dilakukan dalam pembuatan sistem yaitu Diagram Konteks, Data Flow Diagram (DFD),Enity Relationship Diagram (ERD), Rancangan Tabel, Relasi Antar Tabel, dan Rancangan Form.

Hasil dari penelitian ini adalah Sistem Informasi Kepegawaian PTPN7 (PERSERO) yang diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi pegawai dalam mengelola input data, proses data dan pencarian data.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-20