SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN TAGIHAN PENYEDIAAN AIR MINUM DAN SANITASI BERBASIS MASYARAKAT BERASIS CLIENT SERVER MENGGUNAKAN EMBARCADERO XE2

Penulis

  • Farda Juanti Universitas Mahakarya Asia
  • Sri Tita Faulina Universitas Mahakarya Asia
  • Dodi Herryanto Universitas Mahakarya Asia

Abstrak

      PAMSIMAS (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) desa Tubohan merupakan program pemerintah daerah sebagai pelayanan publik yang menyediakan layanan air minum dan sanitasi yang memenuhi standar pelayanan minimal ketersediaan air bersih yang mana pada pelayanannya masih dilakukan dengan pencatatan pembukuan. Sehingga membuat kinerja petugas Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) kurang efektif dan efisien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan interview secara langsung, observasi, dan referensi. Kemudian dilakukan perancangan desain dan diimplementasikan dengan dibangunnya sistem informasi pembayaran tagihan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) desa tubohan berbasis client server menggunakan embarcadero xe2. Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi pembayaran tagihan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) desa tubohan berbasis client server menggunakan embarcadero xe2.

      Adapun menu-menu yang terdapat pada sistem ini adalah menu login, logout, manajemen operator, input data pelanggan, proses pembayaran, proses sambungan, dan proses data reparasi. Output dalam sistem ini adalah laporan data pelanggan, laporan data pembayaran, laporan data sambungan, dan laporan data reparasi.

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-20