Media Pembelajaran Interaktif Tata Cara Shalat dan Doa Setelah Shalat Pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Chalik OKU Timur Menggunakan Adobe Animate 2021

Penulis

  • Adrian Saputra Universitas Mahakarya Asia
  • Muhammad Romzi Universitas Mahakarya Asia
  • Budi Kurniawan Universitas Mahakarya Asia

Kata Kunci:

media pembelajaran, madrasah, adobe animate, ibtidaiyah

Abstrak

Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Chalik OKU Timur merupakan salahsatu sekolah yang ada di desa Baturaja Bungin Kecamatan Bunga Mayang Kabupaten OKU Timur. Dalam proses belajar mengajar guru belum memanfaatkan media yang lebih efektif, yang mana bisa menampilkan banyak objek seperti teks, gambar, video, animasi, dan lain sebagainya yang mampu membuat proses belajar mengajar lebih menarik dan manambah daya ingat anak terhadap materi yang telah disampaikan. Hal ini belum dilaksanakan guru dalam pembelajaran, telihat dari guru mengajar dengan menggunakan media papan tulis dan menjelaskan materi secara lisan. Dengan sistem belajar mengajar tersebut terkadang anak kurang memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru karena sifatnya kurang menarik dan menonton.Media pelajaran interaktifuntuk mempermudah siswa dalam belajar yang menarik, yang lengkap tentang Tata cara Shalat dan doa setelah shalat, di dalam aplikasi ini terdapat materi yang bisa digunakan untuk membantu mempermudah siswa dalam mempelajari gerakan shalat, membaca, mendengarkan, memahami serta menghafal tata cara shalat. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam pembuatan Media pembelajaran Interaktif Tata Cara Shalat dan Doa Setelah Shalat menggunakan Metode Observasi, metode wawancara dan metode refrensi Hasil dari penelitian tugas akhir ini adalah sebuah media pembelajaran Interaktif Tata Cara Shalat dan Doa Setelah Shalat pada Madrasah Ibtidaiyah(MI) Nurul Chalik OKU Timur Menggunakan Adobe Animate 2021

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-20